Home Forums Photographer & Gear Aksesoris yang mungkin perlu dimiliki untuk seseorang yang hobi motret

Viewing 1 post (of 1 total)
  • Author
    Posts
  • Arief.drmwnarief.drmwn
    Participant
      Post count: 1
      #1348 |

      Rata-rata seseorang yang mempunyai hobi fotografi setidaknya sudah punya rencana memiliki/membeli sebuah kamera(dslr/mirrorless/camdig). Dengan kamera dslr/mirrorless, kalian akan bisa bebas mengambil gambar/momen karena adanya mode mode setting yang lengkap. Walaupun bukan seorang fotografer yang profesional, tetapi kalian yang hobi motret pasti juga mempunyai keinginan untuk mempunyai sebuah kamera dslr/mirrorless. Dengan banyaknya pilihan merk dan jenis kamera yang beredar di pasaran yang menyesuaikan dengan kebutuhan spesifikasi kamera dan harga yang kalian siapkan dari awal.

      Jika kamera sudah kalian dapatkan, maka saya menyarankan untuk membeli beberapa aksesoris pendukung yang akan sangat kalian butuhkan nantinya. Dengan adanya beberapa aksesoris pendukung akan memungkinkan kalian bisa lebih mengeksplorasi objek foto lebih luas. Disini saya akan memberikan beberapa saran aksesoris pendukung yang bisa kalian beli. Semua list dibawah yang saya sebutkan banyak pilihannya, tergantung dari budget dan keperluan kalian masing masing.

      1. Tas Kamera
      Kenapa barang yang satu ini saya letakkan di nomor 1? karena menurut saya ini adalah aksesoris yang sangat penting apabila temen-temen udah punya sebuah kamera. Banyak merk dan ukuran tas kamera yang ada dipasaran, bisa didapatkan dari toko toko kamera maupun online. Banyak model bentuknya seperti slingbag, backpack, yang bisa dipakai seperti ikat pinggang dan lain lain. Dengan adanya tas kamera, saat bepergian, pastinya kalian bisa menyimpan kamera dan lensa dengan aman dan setidaknya mengurangi benturan dengan benda lainnya. Menurut pengalaman saya, range harga dari sebuah tas kamera yang standar yaitu dari 100 ribu hingga 800 ribu.

      2. Pembersih Kamera dan Lensa
      Yang ini setidaknya kalian punya sebuah lenspen dan sebuah blower untuk membersihkan debu debu halus yang hinggap dikamera maupun di lensa. Untuk kotoran yang terdapat pada sensor kamera mungkin saya sarankan agar tidak membersihkan sendiri jika tidak mempunyai pengalaman membersihkan sensor. Kalian bisa meminta jasa pembersihan sensor yang bisa kalian dapatkan di beberapa gerai service center resmi sesuai merk kamera kalian. Range harga untuk sebuah pembersih kamera dan lensa yang saya ketahui sekitar 50 ribu hingga 200 ribu.

      3. Baterai Kamera
      “kenapa harus beli baterai lagi? kan udah dapet dari bawaannya.” mungkin kalian akan bertanya seperti itu. Ini menurut saya adalah opsional, tetapi jika kalian akan bepergian dengan kamera selama seharian, mungkin yang satu ini akan sangat membantu temen temen dari waktu yang terbuang hanya untuk menunggu mengisi ulang/charge baterai kamera hingga penuh. Banyak merk third party untuk baterai kamera dengan harga yang relatif lebih murah dibandingan dengan membeli baterai original. Range harga untuk sebuah baterai kamera third party sekitar 150 ribu hingga 250 ribu.

      4. Filter Lensa
      Ada banyak jenis filter kamera, namun untuk awal awal kalian cukup membeli sebuah filter biasa atau filter UV. Filter kamera berfungsi untuk melindungi lensa dari debu debu halus maupun kasar. Filter UV mempunyai kelebihan yaitu mampu menyaring sinar ultraviolet agar tidak masuk ke sensor kamera yang dalam jangka panjang dapat merusak sensitifitas sensor lensa tersebut. Range harga untuk sebuah filter sekitar 50 ribu hingga 200 ribu.

      5. Dry Box
      Kamera dan lensa nya sangat rentan terhadap jamur jika salah saat melakukan penyimpanan, seperti pada tempat lembab. Nah untuk menhindari masalah tersebut kalian bisa membeli sebuah dry box dan sebuah silica gel yang diletakkan didalamnya agar kelembaban dry box tetap terjaga. Kalian tidak harus membeli sebuah dry box yang harga nya cukup mahal menurut saya karena kalian bisa mengakalinya dengan menggunakan kotak makan yang kedap udara berukuran besar dengan memberinya silica gel didalamnya. Itu akan menghemat pengeluaran temen temen agar bisa membeli aksesoris lainnya. Range harga untuk sebuah dry box setau saya sekitar 200 ribu hingga 500 ribu.

      6. Memory Card dan Card Reader
      Seandainya memory card sudah termasuk dalam pembelian kamera, tetap saya sarankan untuk membeli memory card tambahan karena bisa berfungsi sebagai backup ketika memory card pertama tiba-tiba rusak. Tidak semua komputer/laptop mempunya built-in card reader sehingga perlu juga untuk dimiliki oleh temen temen.

      7. Tripod
      Yang ini juga menurut saya sebuah opsional jika temen temen butuhkan saja. Tetapi juga dapat menunjang kreatifitas kita dalam mengembangkan fotografi. Karena harga yang relatif mahal sehingga tidak saya sarankan jika memang tidak terlalu butuh. Jika temen temen menyukai fotografi astronomi atau videografi maka layak untuk membeli sebuah tripod. Untuk range harga sekitar 200 ribu hingga 1 juat.

      Berdasarkan ulasan saya diatas, saya harap temen temen udah tau mana aksesoris yang kalian butuhkan setelah ini. Tentu saja menyesuaikan dengan kebutuhan dan budget. Dan saya tekankan semua barang diatas yang sebutkan saya tidak merekomendasikan satu merk pun, karena setiap orang mempunyai perspektif yang berbeda terhadap merk merk tertentu, semua tergantung pada keputusan temen temen semua. Semoga bermanfaat

    Viewing 1 post (of 1 total)

    You must be logged in to reply to this topic.